Selasa, 11 November 2014

Tagged Under:

MAKANAN UNTUK IBU HAMIL

Share

Pada saat kehamilan seringkali berpikir ingin memberikan asupan gizi yang maksimal pada janin yang masih muda anda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan. Hal ini tentu saja tujuannya baik untuk dapat menjaga kesehatan dan perkembangan janin anda. Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran. Pengaturan makanan yang anda konsumsi harus tepat sasaran disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan, kebutuhan dan perkembangan janin.Terlebih bagi awal kehamilan dimana perubahan hormonal dapat meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi ibu hamil muda.

Berikut adalah beberapa panduan makanan yang dapat anda lakukan ketika sedang hamil muda :

SEREAL

Setiap pagi hari pada umumnya menjadi masalah bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan. karena gangguan mual, muntah dan kehilangan nafsu makan sehingga memerlukan solusi agar gizi terpenuhi salah satunya mengkonsumsi sereal. tentu sereal tetap memerlukan rekomendasi dokter tentang komposisi gizinya.salah satu sereal yang terkandungan dari gandum utuh dapat mengandung energi dan serat yang disesuikan dengan kebutuhan ibu hamil.

Baca juga : Paket Cepat Hamil

SUSU

Susu yang steril dan alami mengandung nutrisi yang dapat membantu anda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan pembentukan otot dan juga transportasi oksigen ke janin. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein dan mineral maka dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi. Pilihan susu kedelai dapat menjadi alternatif anda yang mempunyai kecukupan vitamin D dan rasa yang berbeda juga tambahan manfaat bagi ibu hamil.

BUAH DAN SAYUR

Buah dan Sayuran termasuk katagori makanan yang tidak boleh terlewat khususnya pada kehamilan trimester pertama kandungan vitamin C dari jus jeruk dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Selain itu kandungan dari asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besi dapat mencegah dari anemia. Lengkapi pula dengan tambahan sayuran yang mengandung zat besi yang didapat dari sayuran hijau dan mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi.

IKAN

Untuk membantu pembentukan otak pada janin ibu hamil memerlukan asupan gizi protein dan asam lemak omega 3 yang banyak terdapat didalam ikan namun juga perlu berhati-hati dalam memilih ikan karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menggangu perkembangan janin. Hindari pula mengkonsumsi ikan yang mentah karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh.

KACANG KACANGAN

Kandungan asam folat dan vitamin B sangat diperlukan untuk janin yang dapat bermanfaat dalam pengembangan sistem saraf dan kandungan gizi tersebut banyak terdapat di kacang kacangan tertama kacang hijau . Selain itu kacang-kacangan berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

Baca juga : Paket Cepat Hamil

AIR DAN VITAMIN

Kandungan air dan vitamin penting untuk diperhatikan. Bagi ibu hamil yang seringkali mengalami mual maka anda dapat mengkonsumsi lebih banyak air putih yang dicampurkan dengan sari buah tanpa tambahan gula.
Penting untuk menambah vitamin yang mendukung masa kehamilan apalagi diusia kehamilan muda. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan atau dokter untuk mendapatkan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan kandungan anda.

Adapun contoh panduan makanan yang dapat anda gunakan pada kehamilan trimester pertama adalah sebagai berikut :

Sarapan.
  1. Jus Buah
  2. Nasi Goreng
  3. Telur mata sapi
  4. Susu / susu khusus kehamilan
Makan siang.
  1. Nasi
  2. Sayur Bening
  3. Ikan bumbu kuning
  4. Tempe goreng
  5. Buah Jeruk
Makan Malam.
  1. Nasi
  2. Bistik
  3. Bakwan Jagung
  4. Selada Buah
  5. Susu (menjelang tidur)

TIPS CEPAT HAMIL

TIPS MASA HAMIL